Asyiknya School at Noon






Besok hari selasa masuk pukul 14.00 kalian masuk sekolah pada sore hari, begitu ustadzah Yunika memberi pengumuman dengan kompak anak-anak menyawab “horeeeeeeeeeeeeeeee...!!!
      Begitulah kegembiraan siswa-siswi SD AL Irsyad Al Islamiyyah 01 Purwokerto saat diberi informasi akan diadakan School at Noon pada hari selasa, 21 Oktober 2014.
     Ratusan siswa yang penuh semangat ini didampingi 13 guru. Mereka tampak ceria dalam mengikuti sekolah pada sore hari. Kegiatan ini merupakan strategi agar anak memahami tanda-tanda pada sore hari dan belajar membuat kudapan sore. Sesuai dengan tema 3 kelas 1 “Kegiatanku”. Sub Tema 3 & 4 : kegiatan Sore dan Malam.
     Acara diawali dengan doa bersama layaknya mengikuti kegiatan belajar mengajar di dalam kelas, acara dilanjutkan dengan siswa memperhatikan materi yang diberikan ustadzah Ana mengenai “Asiknya mengenal umbi-umbian”.



     Sebelum memberikan materi anak-anak di ajak bernyanyi bersama mengenai umbi-umbian. Ada wortel, ada kentang, singkong, dan ubi jalar, bwang merah, bawang putih, jahe, kencur dan juga kunyit lagu dinyanyikan dengan nada naik-naik ke puncak gunung.
Luar biasa semua anak bersemangat menyanyikannya.
     Selanjutnya adalah semua anak diajak untuk mengumpulkan umbi-umbian sesuai dengan tugas yang sudah diberikan. Ada yang membawa wortel, kentang, bengkoang, ubi jalar dan singkong tujuannya supaya mereka mengenal berbagai macam jenis umbi.
     Tidak hanya itu ustadzah dari level 1 pun sudah menyediakan bawang merah, bawang putih, talas, jahe, kunyit, kencur, temulawak dan masih banyak lagi.
     Acara sekolah sore ini tidak seperti sekolah biasa. Ada banyak hadiah yang sudah disiapkan untuk anak-anak yang berani menjawab pertanyaan yang diajukan, dan anak yang paling tertib selama kegiatan belajar berlangsung. Hmmm serunya pulang sekolah bawa hadiah!
     Masih dalam acara ini pula,para siswa diajak mencicipi ubi cilembu yang sudah dibersihkan dan dimasak di sekolah. Manisnya, cocok sekali dengan suasana sore itu saat turun hujan.
            Dipenghujung acara, sebelum pulang siswa diajak shalat maghrib berjamaah, membaca tartili dan murajaah. Tak hanya itu saat kembali pulang ke rumah para siswa membawa oleh-oleh puding ubi ungu yang rasanya

Tidak ada komentar: