Do'a Penghuni Gua Al Kahfi



Do'a Penghuni Gua Al Kahfi - Dalam Al qur'an, tepatnya Surat Al Kahfi, Alloh menceritakan tentang Ashabul Kahfi, mereka adalah nama sekelompok orang beriman yang hidup pada masa Raja Diqyanus di Romawi, beberapa ratus tahun sebelum diutusnya nabi Isa as. Mereka hidup ditengah masyarakat penyembah berhala dengan seorang raja yang dzalim. Ketika sang raja mengetahui ada sekelompok orang yang tidak menyembah berhala, maka sang raja marah lalu memanggil mereka dan memerintahkan mereka untuk mengikuti kepercayaan sang raja. Tapi Ashabul Kahfi menolak dan lari, dikejarlah mereka untuk dibunuh. Ketika mereka lari dari kejaran pasukan raja, sampailah mereka di mulut sebuah gua yang kemudian dipakai tempat persembunyian.

Dengan izin Allah mereka kemudian ditidurkan selama 309 tahun di dalam gua, dan dibangkitkan kembali ketika masyarakat dan raja mereka sudah berganti menjadi masyarakat dan raja yang beriman kepada Allah SWT (Ibnu Katsir; Tafsir al-Quran al-’Adzim; jilid:3 ; hal.67-71).

Cerita tentang mereka begitu masyur bagi kaum muslimin. Bahkan ada sebuah do'a dari Ashabul Kahfi, yang do'a itu bisa di amalkan, sebagai do'a sehari-hari, karena do'a tersebut bersifat umum,. Do'a tersebut seperti tersebut dalam Q.S. Al Kahfi ayat 10

إِذْ أَوَى الْفِتْيَةُ إِلَى الْكَهْفِ فَقَالُوا رَبَّنَا آتِنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً وَهَيِّئْ لَنَا مِنْ أَمْرِنَا رَشَدًا

(Ingatlah) tatkala pemuda-pemuda itu mencari tempat berlindung ke dalam gua lalu mereka berdo`a: "Wahai Tuhan kami berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini)".Q.S. Al Kahfi ayat 10.

Itulah do'a orang-orang yang beriman dan bertakwa kepada Alloh,yaitu para Askabul Kahfi. Semoga Alloh Subhanahu wata'ala memberi taufik kepada kita, agar kita bisa selalu menjalankan perintah Alloh dengan sebaik -baiknya.

1 komentar: